Persiapan menghadapi wawancara kerja

Persiapan menghadapi wawancara kerja, menjadi satu diantara titik kritis seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Mengapa hal ini menjadi sangat penting, karena seseorang itu lolos dari test wawancara kerja bukan ditentukan dari waktu dia wawancara, tapi dari persiapan yang baik. Seperti halnya pertandingan sepak boleh. Team pemenangan, bisa tambil hebat di lapangan tidak ditentukan pada saat mereka bertanding. Tapi, ditentukan dari sebaik apa mereka berlatih. Demikian juga halnya dengan test wawancara. Secara umum seseorang kandidat akan mendapatkan undangan wawancara kerja satu minggu sebelumnya sampai dengan sehari sebelumnya. Kalau anda sudah mendapatkan undangan wawancara kerja, itu artinya anda sudah lulus seleksi administrasi. Nah tahap berikutnya adalah tahap wawancara atau tahap interview.

Secara umum interview ini biasanya berlangsung dua tahap. Yang pertama wawancara dengan divisi HRD dan yang kedua wawanacara dengan user. Kebanyakan interview ini gagal, karena kurangnya persiapan untuk tahap wawancara ini. Karena itu, Persiapan menghadapi wawancara kerja ini menjadi sesuatu yang tidak kalah pentingnya dengan hari H wawancara. Kurang persiapan akan menjadi sangat berbahaya. Dengan kurangnya persiapan ini, maka setiap jawaban yang disampaikan akhirnya kurang tepat seperti yang diinginkan pewawancara.

Supaya wawancara anda bisa sukses, maka berikut ini beberapa strategi yang bisa anda lakukan sebagai persiapan anda untuk wawancara :

Pertama Melihat lokasi wawancara.

Biasanya undangan wawancara disampaikan paling lama 1 minggu sebelum hari H dan paling dekat/mepet 1 hari sebelum hari H. Nah… ada rentang waktu yang bisa anda manfaatkan untuk melihat/survey lokasi wawancara. Ini perlu anda lakukan supaya besok tepat hari H wawancara, anda tidak bingung dan buang buang energi untuk mencari lokasi. Tapi hal ini tidak perlu anda lakukan kalau ada sudah mengetahui dengan tepat lokasi wawancara.

Kedua yaitu Mempersiapkan diri secara mental maupun fisik

Persiapan mental ini terkait dengan psikologi, pikiran juga perasaan. Yang penting rilex tenang. Jangan sekali kali cemas dan gelisah. Sementara persiapan fisik,ya artinya pagi hari usahakan makan pagi dan stamina anda fit segar bugar. Di malam hari usahakan makanan makanan yang sehat, sehingga esok paginya badan anda sehat (tidak pusing, diare dll)

Ketiga, Menyiapkan pakaian untuk wawancara.

Sehari sebelumnya atau malam sebelum anda tidur, ada baiknya anda siapkan pakian untuk wawancara besok pagi. Untuk anda yang fresh graduate, usahakan jangan menggunakan pakian hitam putih, karena anda akan terkesan sangat lugu dan belum siap bekerja. Cari pakian terbaik anda yang professional, bukan terbaik untuk dating ke pesta. Gunakan sepatu yang sudah dibersihkan sebelumnya sehingga terlihat cerah. Dan jangan sekali kali menggunakan sandal (meski sandal terbaik yang anda miliki, tetap saja itu sandal)

Keempat Pelajari pertanyaan pertanyaaan umuum seputar wawancara kerja

Pertanyaan pertanyaan umum seputar wawancara bisa anda baca di melaui googling. Nah dari situ akan banyak bermunculan artikel tentang wawancara. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kondisi anda. Apakah masih bekerja/baru lulus, atau sudah di level manager. Karena tentu saja akan sangat berbeda perntanyaan pertanyaan untuk yang melamar sebagai manager dan yang melamar sebagai staff.

Kelima pahami sikap atau perilaku yang baik

Pahami sikap dan perilaku yang baik. Artinya, berperilakulah sopan sejak anda masuk d kantor sampai anda pulang meninggalkan kantor, dan santun berbicara.

Keenam Istirahat yang cukup

Malam sebelum wawancara sebaiknya anda beristirahat yang cukup, jadi tidurlah lebih awal supaya bisa bangun lebih awal dan fresh. Sangat tidak diasarankan anda begadang di malam harinya atau berpesta pesta yang sangat menyita energi

Bitnami