8 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan ketika Wawancara Bahasa Inggris

wawancara bahasa inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang nomor satu dan paling umum digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia, Bahasa Inggris juga sudah diajarkan semenjak sekolah dasar atau bahkan taman kanak-kanak. Hal ini juga tentu saja berpengaruh pada dunia profesional. Tidak sedikit perusahaan, baik lokal maupun multinasional, yang melakukan wawancara Bahasa Inggris untuk menilai langsung kemampuan Bahasa Inggris calon karyawannya.

Meskipun memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik, tapi wawancara Bahasa Inggris terkadang masih terasa menakutkan terutama bagi kamu yang tidak terbiasa dengan komunikasi lisan dengan Bahasa Inggris. Nah, maka dari itu, Glints akan membagikan kepada kamu tentang hal apa saja yang perlu dipersiapkan ketika akan wawancara Bahasa Inggris. Berikut adalah 8 hal yang harus kamu persiapkan sebelum wawancara Bahasa Inggris!

Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi pekerjaan

wawancara bahasa inggris

© solutionsirb.com

Untuk menghadapi wawancara Bahasa Inggris, kamu sebelumnya harus melakukan riset tentang perusahaan dan posisi pekerjaan yang kamu incar. Semakin banyak pengetahuan kamu, tentu akan semakin banyak yang kamu dapat sampaikan ketika wawancara. Tetapi kamu harus ingat, karena ini merupakan wawancara Bahasa Inggris, maka kamu juga harus menguasai semua informasi tersebut dalam versi Bahasa Inggris. Pelajari sebanyak-banyaknya kosa kata Bahasa Inggris yang terkait dengan perusahaan dan pekerjaan incaranmu agar dapat menjawab semua pertanyaan dalam wawancara Bahasa Inggris tersebut.

Cari tahu pertanyaan yang mungkin akan muncul

wawancara bahasa inggris

© thoughtco.com

Seperti wawancara kerja pada umumnya, ketika wawancara Bahasa Inggris kamu juga bisa menyiapkan beberapa list pertanyaan yang kemungkinan akan muncul. Kamu bisa memprediksi berbagai pertanyaan yang umumnya muncul dalam wawancara Bahasa Inggris dan menyiapkan jawabannya dalam Bahasa Inggris juga tentunya. Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja biasanya bersifat umum seperti tentang informasi pribadi, pengetahuan kamu tentang perusahaan dan posisi yang kamu apply, dan juga tentang kepribadian kamu yang akan berkaitan dengan pekerjaan yang kamu jalani. Percakapan tentang negosiasi gaji juga bisa kamu persiapkan.

Latihan wawancara dengan teman

wawancara bahasa inggris

© theodysseyonline.com

Selain menyiapkan list pertanyaan dan jawaban wawancara Bahasa Inggris secara tertulis, kamu juga harus berlatih berbicara agar tidak kaku ketika wawancara Bahasa Inggris. Mintalah bantuan temanmu yang fasih berbahasa Inggris untuk berperan sebaagi interviewer. Simulasi seperti ini akan membuat kamu lebih mudah membayangkan bagaimana situasi wawancara Bahasa Inggris yang kira-kira akan kamu hadapi. Kamu juga bisa merekam audio atau video simulasi wawancara Bahasa Inggris tersebut agar dapat kamu dengarkan dan lihat lagi supaya kamu tahu dimana kesalahanmu dan dapat memperbaikinya.

Perhatikan bahasa tubuhmu

wawancara bahasa inggris

© moneyunder30.com

Melatih kemampuan bahasa sebelum wawancara Bahasa Inggris memang sangat penting. Tapi, tahukah kamu bahwa bahasa tubuh juga sangat penting ketika wawancara Bahasa Inggris? Dalam komunikasi, bahasa tubuh dapat menyampaikan lebih banyak hal daripada kata-kata. Kepercayan diri, yang merupakan salah satu hal yang wajib kamu miliki saat wawancara, akan sangat terlihat pada bahasa tubuhmu. Jadi, jangan pernah mengabaikan bahasa tubuh dalam wawancara Bahasa Inggris.

Mengingat kita bukan seorang native speaker Bahasa Inggris, tentu masih banyak kemungkinan kita melakukan kesalahan. Tapi, bahasa tubuh yang menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi justru akan dapat menutupi kesalahan-kesalahan kecilmu tersebut.

Baca juga: 11 Bahasa Tubuh yang Perlu Diperhatikan saat Tes Wawancara Kerja

Kecepatan berbicara juga harus diperhatikan

wawancara bahasa inggris

© letsintern.com

Ketika berbicara dengan bahasa asing, kita terkadang kurang memerhatikan kecepatan berbicara kita. Grogi bisanya membuat seseorang berbicara telalu cepat dan berbicara terlalu berhati-hati karena takut salah bicara akan membuat kamu bicara terlalu lambat. Perbedaan antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris juga terkadang membuat kamu berbicara Bahasa Inggris namun masih dengan aksen Bahasa Indonesia.

Sebelum wawancara Bahasa Inggris, kamu harus latihan berbicara dengan tempo yang ideal. Jangan sampai kamu berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat selama wawancara Bahasa Inggris berlangsung. Kamu bisa melatihkan dengan mendengarkan rekaman atau menonton film berbahasa Inggris agar dapat mengetahui kecepatan bicara yang ideal dengan Bahasa Inggris.

Bicara dengan kalimat singkat dan efektif

wawancara bahasa inggris

© monster.com

Jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang ketika wawancara Bahasa Inggris. Selain akan memungkinkan kamu melakukan lebih banyak kesalahan, kalimat yang terlalu panjang dan kurang efektif juga akan membuat interviewer kesulitan menangkap maksud dari kalimat yang kamu sampaikan. Cukup gunakan kalimat-kalimat singkat yang jelas saja jika ingin wawancara Bahasa Inggris yang kamu jalani ini berhasil.

Mengambil waktu beberapa detik untuk berpikir juga tidak ada salahnya daripada menjawab dengan cepat namun tidak efekif dan tidak tepat.

Jangan ragu untuk bertanya ketika belum mengerti

wawancara bahasa inggris

© entrepreneur.com

Dalam sesi wawancara Bahasa Inggris, ada kalanya kamu kurang mengerti dengan pertanyaan yang diajukan. Jika hal ini terjadi saat wawancara Bahasa Inggris, maka tidak ada salahnya kamu meminta interviewer untuk mengulang pertanyaannya.

Ada kemungkinan ia akan mengulang pertanyaannya dengan nada yang lebih lambat atau dengan bahasa yang lebih simpel agar kamu lebih mengerti. Jangan pernah menjawab pertanyaan ketika kamu tidak mengerti sepenuhnya tentang pertanyaan tersebut. Jawaban yang tidak sesuai tentu saja akan menjadi penilaian kurang baik tentang diri kamu. Interviewer pasti akan memaklumi jika kamu meminta hal ini karena Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa kamu sehari-hari.

Persiapkan fisik dan mental

wawancara bahasa inggris

© themuse.com

Last but not least, yang perlu kamu persiapkan sebelum wawancara Bahasa Inggris adalah fisik dan mentalmu. Jika tidak siap secara fisik, kamu tentu tidak akan maksimal menjalani wawancara Bahasa Inggris ini karena tidak bisa sepenuhnya berkonsentrasi. Selain itu, jika kamu tidak siap secara mental makan akan banyak kemungkinan kamu bersikap grogi dan tidak tenang. Grogi bisa mengacaukan banyak hal seperti membuat kamu lupa akan kalimat-kalimat yang sudah kamu pesiapkan atau membuat kamu berbicara dengan tempo terlalu cepat atau terlalu lambat.

Jangan terpaku untuk mempersiapkan kamampuan bahasamu saja, tapi juga persiapkan diri kamu secara fisik dan mental untuk menghadapi wawancara Bahasa Inggris yang akan kamu jalani.

Sudah siap untuk menjalani wawancara Bahasa Inggris?  Semoga saja tips di atas dapat membantu kamu agar lebih mudah melewati wawancara Bahasa Inggris. Pada awalnya mungkin wawancara Bahasa Inggris merupakan hal yang menakutkan, tapi kamu harus menganggap bahwa wawancara Bahasa Inggris hanya salah satu tantangan yang harus kamu taklukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Bitnami