Work From Home Tidak Efektif? 5 Langkah Ini Bisa Buat Kerja di Rumah Lebih Nyaman

Иллюстрация работы на дому

Wabah virus corona berdampak ke semua aspek kehidupan.

Sekolah diliburkan dan banyak tenaga kerja terpaksa bekerja di rumah.

Agar tidak suntuk, beberapa tipsini dapat membantu kita lebih nyaman kerja dari rumah

1. Mengatur ruang kerja

Pilih satu lokasi di rumah dan tetapkan untuk menjadi area kerja. Lokasi tersebut sebaiknya mendapat cukup sinar matahari, tidak terlalu sempit, dan dekat dengan stopkontak atau sumber listrik.

2. Tetapkan jadwal

Seringkali, orang yang beralih untuk bekerja dari rumah mendapati jam kerjanya memanjang maupun sebaliknya karena berbagai gangguan.

Menetapkan jam kerja di rumah sangat penting untuk membantu kita tetap fokus selagi memperhatikan kapan waktu beristirahat di sela-sela dan sesudah seharian bekerja.

3. Sisihkan waktu istirahat

Setelah menetapkan waktu kerja, tentukan juga kapan waktu beristirahat. Gunakan sebagian waktu untuk makan siang, berbincang dengan teman dan kolega tentang topik yang ringan dan tidak berkaitan dengan pekerjaan.

4. Menjaga komunikasi dengan tim

Tentukan ekspektasi dan peraturan dengan tim untuk memastikan pekerjaan terselesaikan. Manfaatkan Microsoft Teams atau software kolaborasi lainnya.

Aturlah status daring dengan semestinya (contohnya available ketika bekerja dan away ketika tengah beristirahat), atur suara dan kamera perangkat sebelum interaksi virtual berlangsung, serta atur notifikasi dengan baik agar nyaman bekerja.

5. Tetap bersikap positif dan bersosialisasi

Memiliki pola pikir positif akan membantu kita dan tim menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja ini.

Mengedepankan kepedulian terhadap kesehatan diri (tidur cukup, berolahraga, dan makan teratur) adalah beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan.

Saat-saat seperti inilah kita harus bersatu dan mendukung satu sama lain. Di Indonesia, HP Inc. tengah melakukan segala upaya memungkinkan untuk membantu para karyawan, konsumen, dan juga mitra kami memahami bahwa mereka tidak sendirian.

HP Inc. tetap hadir untuk mereka di masa yang sulit ini. Mulai dari menjaga moral tim melalui berbagai kegiatan virtual, menawarkan nasihat hingga memberikan bantuan dan dukungan kepada para pelanggan dan mitra kami, guna memastikan kelangsungan bisnis.

HP Inc. juga mempercepat segala upaya untuk memastikan pekerjaan efektif dan efisien selama pengalaman bekerja dari rumah ini.(*)

Bitnami