5 Cara Menjadi Entrepreneur yang Sukses

Di dunia ini tidak ada yang ‘instan’. Apalagi jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses. 

Tentu saja Anda harus melewati berbagai macam rintangan, tantangan, bahkan kegagalan yang bisa menjatuhkan Anda. 

Dan kesalahan yang banyak dilakukan oleh entrepreneur adalah mengikuti suatu pola yang hampir sama. 

Kalau kata Raditya Dika “jadilah berbeda”. Kenapa harus berbeda? Agar Anda bisa melihat potensi yang ada pada diri Anda sendiri.

Jika Anda bisa memaksimalkan potensi yang Anda miliki, maka kesuksesan bisa Anda raih.

Nah, banyak artikel maupun buku yang membahas bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur yang sukses, dan semuanya telah dirangkum dalam artikel ini, so simak ya… 

Fokus

Buatlah rencana tentang tujuan bisnis Anda sekecil apapun itu. Kenapa? Agar Anda bisa fokus untuk mencapainya. 

Anda bisa membuat poin-poin-nya, setelah tujuan pertama tercapai, Anda bisa langsung segera melanjutkan dengan membuat tujuan baru atau tujuan yang kedua, dengan catatan tujuan tersebut masih berhubungan dengan tujuan sebelumnya. 

Jangan coba-coba untuk membuat tujuan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis Anda sebelumnya, karena bisa membuat pikiran Anda terbagi.

Jika Anda bisa fokus pada tujuan yang kecil, maka Anda bisa mencapai tujuan besar dengan mudah.

Baca juga: Fokuslah Pada 10.000 Jam Anda Untuk Menciptakan Kesuksesan

Berani

Seorang entrepreneur yang sukses harus berani mengambil resiko dan siap menghadapi tantangan, baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar.

Yang paling penting adalah menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi situasi apapun.

Terutama ketika mengambil keputusan dari apa yang Anda pilih, dari cara pandang Anda ketika menyelesaikan masalah, hal tersebut merupakan cara calon entrepreneur sukses.

Baca juga: Ingin Merasakan Terjun Langsung Ke Dunia Bisnis Tapi Belum Berani Lepas Dari Dunia Karyawan? Bekerja Di Start Up Mampu Memberikan Anda Sensasinya

Gigih 

Terdengar mudah, tapi untuk bisa gigih terutama dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang sangat sulit. 

Anda perlu kerja keras, konsisten dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi apapun.

Komitmen

Satu kata, sejuta makna.

Ya betul sekali, komitmen itu tidak mudah. Hanya orang tertentu yang bisa melakukannya.

Menurut kamus bahasa Indonesia, komitmen berarti janji atau tanggung-jawab.

Jika dalam berbisnis, komitmen berarti perjanjian atau kontrak. 

Namun nyatanya, tidak semua para entrepreneur melakukan ini, banyak yang melanggar ‘janji-nya’.

Maka dari itu, hati-hati dalam berucap maupun melakukan sesuatu jika Anda ingin berkomitmen.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari jika ingin menjadi entrepreneur sukses, diantaranya:

Bingung

Jika Anda sekarang dalam kebingungan untuk memulai bisnis, ketahuilah bahwa tidak ada salahnya jika Anda ingin memulai bisnis dari sekarang.

Tidak perlu menyewa tempat, tidak perlu modal ratusan juta, dan sebagainya. Anda bisa memulainya dengan sistem Dropshipping.

Apa itu Dropshipping?

Dropshipping adalah sistem bisnis yang dimana segala penjualan Anda ditangani oleh supplier. Anda hanya perlu mempromosikan semua produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi di sosial media Anda.

Sebagai contoh, ketika calon pembeli Anda ingin membeli produk di toko online Anda, maka pesanan tersebut langsung Anda berikan kepada supplier Anda. Dan supplier Anda yang akan urus semuanya, mulai dari desain, percetakan, stok produk hingga pengiriman, dan sampai ke pembeli Anda. Anda juga tidak perlu khawatir karena dalam proses pengiriman, nama toko Anda yang akan tertera di sana.

Selain itu, banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berbisnis dengan sistem dropshipping, diantaranya:

  • Anda akan jauh lebih hemat dalam segi waktu, karena produk yang dibuat akan diproses dengan cepat oleh supplier Anda. Biasanya butuh satu hari kerja untuk menyelesaikan semua proses tersebut.
  • Anda bisa lebih fokus dalam pemasaran produk maupun pelayanan terhadap calon pembeli Anda.
  • Karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal dan menyimpan stok barang, maka resiko jauh lebih rendah. Hanya saja, Anda harus lebih pintar dalam memilih supplier, agar semua proses penjualan bisa berjalan dengan aman.

Nah, semua ini bisa Anda dapatkan di Dropshipaja.com. Salah satu platform penyedia produk print on demand untuk Anda yang ingin berbisnis dengan sistem Dropshipping. Semua produk yang disediakan ada berbagai macam jenis dan mampu memenuhi keinginan calon pembeli Anda.

Semua produk ini dijamin kualitasnya, mulai dari bahan, desainnya, warnanya, dan sebagainya.

Lantas, kalau nggak bisa desain, gimana? Dropshipaja.com sediain marketing kit yang lengkap dan tinggal Anda jiplak.

Kalau gaptek dan nggak bisa jualan?

Anda bisa join di Mentoringaja.com, yang dimana Anda akan mendapatkan segudang ilmu mengenai cara berjualan di internet, pola – pola bisnis, algoritma terbaru di sosial media, cara meningkatkan omset bisnis online, dan bimbingan penuh dari para mentor berpengalaman.

Program ini tidak cocok untuk orang sibuk, dan tidak serius.

Karena nantinya Anda akan di tuntun untuk mengerjakan berbagai tugas untuk diselesaikan, mengejar target agar hasil yang diperoleh lebih maksimal hingga akhirnya Anda mampu menembus omset 100 juta per bulan selama 90 hari.

Penasaran? Lihat selengkapnya disini.

Menyerah

Hindari sifat yang mudah menyerah, jika Anda mudah menyerah, maka jangan heran jika bisnis Anda tidak berkembang dengan baik.

Dengan begitu, perkuat keyakinan dan semangat juang Anda untuk menjalankan bisnis. 

Malas

Salah satu sifat yang paling sulit dijauhi oleh banyak orang terutama kaum rebahan. Hehehe.

Sama halnya dalam menjalankan bisnis, mungkin di awal Anda memulainya, Anda begitu semangat, tapi setelah melewati berbagai proses maupun kegagalan, rasa malas itu akan timbul.

Tugas Anda adalah menangani rasa ‘malas’ tersebut agar Anda bisa semangat lagi seperti awal memulai bisnis.

Caranya gimana? Anda bisa membaca kembali tujuan yang telah Anda buat sebelum memulai bisnis, mengingat kembali cita-cita Anda, apa yang ingin Anda wujudkan, dan sebagainya.

Menunda

Seorang pengusaha sukses tidak akan pernah menunda langkah mereka. Mereka akan mengerjakan sesuatu kapan saja dan dimana saja.

Tidak ada salahnya untuk mencuri start terlebih dahulu dibandingkan menunggu waktu yang tepat. Karena kesuksesan dapat diraih jika Anda lebih dulu memulai.

Jika tidak, Anda harus siap menghadapi kompetitor yang lebih dulu sukses, meskipun bisnis Anda dengan mereka dirintis pada waktu yang sama.

Nah, itulah 5 cara menjadi entrepreneur yang sukses.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

Bitnami