10 HAL YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK PENGEMBANGAN DIRI ANDA

Apakah Anda telah mengetahui tujuan pengembangan diri yang Anda akan lakukan? Kebanyakan yang Anda dengar adalah dari segi teoritisnya saja. Namun, jika Anda tidak atau belum tahu apa yang harus dilakukan ada baiknya Anda menyimak 10 hal berikut berupa langkah-langkah yang akan berdampak langsung pada diri Anda, baik untuk keberhasilan pribadi maupun profesional.

1. Temukan minat Anda

Hal ini berkaitan dengan keterampilan, minat, nilai dan kepribadian yang Anda miliki. Temukan apakah Anda tertarik dengan perangkat lunak dan teknologi? Atau apakah Anda memiliki bakat menulis? Sediakanlah waktu sebentar untuk menemukan bidang dimana minat Anda berada.

2. Ikuti passion Anda

Lakukanlah apa yang Anda sukai. Hal ini mungkin dibilang klise oleh orang lain, akan tetapi masih berlaku dan keputusan ada di tangan Anda untuk mengambil langkah pertama guna melakukan sesuatu yang Anda sukai. Mulailah memelihara passion Anda sejak kini.

3. Pelajari bahasa baru

Bukalah pintu untuk kemungkinan yang tak terbatas. Menguasai bahasa baru dapat meningkatkan kemampuan kerja Anda. Hal ini juga dapat menaikkan aktivitas otak Anda dan membuat Anda cepat belajar.

4. Bersantai dengan pikiran dan tubuh Anda

Mulai dari menjalani hidup, berlari, diet, bekerja, dan sukses. Mendengarkan musik, berlatih yoga, melakukan aktivitas kebugaran rutin yang singkat, belajar mengelola tekanan mental. Ketahuilah bahwa ada banyak solusi di sekeliling Anda!

5. Simpanan, Anggaran, dan Investasi

Rancanglah masa depan keuangan impian Anda. Pahami cara mengelola uang Anda dengan lebih baik dan benar-benar dapat membuahkan hasil. Kendalikan kembali kehidupan finansial Anda dengan belajar tentang investasi dan pengelolaan uang pribadi.

6. Dapatkan keterampilan atau hobi baru

Ubahlah rutinitas yang monoton. Lakukan sesuatu yang belum pernah Anda jalani sebelumnya. Menguasai keterampilan baru dapat membangkitkan kebahagiaan dan kepercayaan diri. Mengapa Anda tidak mencoba fotografi, melukis, atau bahkan mempelajari literatur.

7. Tingkatkan keterampilan komunikasi Anda

Keterampilan yang satu ini akan selalu Anda butuhkan, baik menulis email bisnis penting atau berinteraksi selama pertemuan sosial. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan hidup yang tidak bisa ditawar.

8. Bangun kekuatan Anda

Jalani aktivitas keseharian lebih baik dengan apa yang sudah Anda kuasai. Jika Anda telah menemukan passion Anda, maka penting untuk terus belajar lebih banyak mengenai hal itu dan terus berkembang menjadi yang terbaik. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda mendapatkannya.

9. Buat profil Anda

Profil online Anda yang dibuat secara sempurna adalah keinginan semua pencari kerja saat ini. Profil LinkedIn yang ditulis dengan baik + tulisan blog mengenai passion Anda + resume yang ditulis dengan sempurna = Kombinasi juara!

10. Memulai bisnis sampingan

Bangkitkan jiwa kewirausahaan di dalam diri Anda. Hal ini memang membutuhkan keberanian untuk mengatasi ketakutan dan keraguan Anda. Akan tetapi harus diingat, beberapa pemimpin yang paling sukses merasakan hal yang sama sebelum mengejar passion mereka.

Mendorong diri Anda ke hal-hal yang tidak diketahui tidak akan pernah mudah, tetapi imbalan untuk pemberani adalah tidak terbatas!

Bitnami