Aktivitas Pengembangan Diri yang Dapat Diasah, Yuk Dicoba

Мероприятия по развитию личности, которые можно обострить, давайте попробуем

Di saat Anda mulai mengenal karakter diri, tentu akan mudah juga mengidentifikasi cara pengembangan diridan talenta yang Anda punya. Secara otomatis, Anda juga akan tahu kegiatan apa saja sih yang akan membantu pengembangan diri baik secara fisik, mental, finansial, dan termasuk juga hubungan kamu dengan orang-orang terdekat.

Memang ada fase tertentu yang bikin Anda bingung dan tidak terlalu peduli dengan pengembangan diri. Ada juga masanya Anda sudah mencoba tapi tetap gagal alias tidak berdampak positif pada kehidupan, malah membuat Anda merasa down. Jangan menyerah untuk terus gali tentang diri sendiri, karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan buat meningkatkan kualitas diri Anda, berikut aktivitasnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Membenahi pola hidup

Pengembangan diri baiknya dimulai dari dalam ke luar, maksudnya hal yang ada di diri Anda dulu yang perlu diperbaiki. Salah satu pola hidup yang perlu dibenahi adalah dalam segi kesehatan, kalau tubuh Anda sehat dan bugar pasti rasa percaya diri dan semangat juga akan bertambah seiring dengan kondisi fisik yang siap untuk berkegiatan.

2. Yang lalu biarlah berlalu, rancang masa depanmu

Sedikit terdengar puitis tapi aktivitas yang perlu Anda lakukan buat bisa maju dan fokus dengan pengembangan diri adalah tidak terhanyut dengan masa lalu yang kurang menyenangkan. Anda perlu ikhlas dengan yang sudah terjadi, entah itu hal yang baik atau buruk tidak bisa bertahan di satu momentum itu saja selama kamu masih hidup. Setelah Anda bisa melepas kenangan dulu, maka langkah untuk menatap masa depan pasti lebih ringan.

3. Belajar fokus dengan kelebihanmu

Nilai diri yang Anda punya itu akan berpengaruh ke arah pengembangan diri selanjutnya. Sebelum memulai dengan kegiatan lain, Anda harus kenali dulu hal yang kekuatan dan kelebihan Anda. Kekuatan yang Anda miliki bisa mengarahkan untuk mencari pekerjaan yang nantinya juga akan membentuk pengembangan diri yang sesuai karakter. Membiasakan diri untuk fokus dan mengasah kelebihan diri juga akan membantu Anda untuk lebih bersyukur, yang akan berdampak besar pada pengembangan diri seterusnya.

4. Dress up

Pengembangan diri juga bisa Anda lakukan dengan bereksperimen lewat mix match pakaian dan aksesoris yang Anda rasa cocok. Tapi, jangan lupa sesuaikan dengan lokasi yang akan Anda tuju, kalau salah kostum bisa-bisa Anda akan malu dan gagal mempraktikkan niat pengembangan diri lewat gaya berpakaian. Selain itu, tampil rapi dan menarik juga akan membawa aura yang menyenangkan bagi lawan bicara yang Anda temui, Anda juga akan lebih tenang dan nyaman saat bertemu orang di luar rumah jika berpenampilan menarik.

5. Ikuti workshop, talkshow, atau seminar

Workshop atau talkshow yang membagikan info seputar pengembangan diri anak muda saat ini bisa Anda temukan dengan mudah. Ikut seminar atau workshop juga akan melatih keberanian Anda berkomunikasi dengan orang-orang baru. Keahlian dan pengalaman orang-orang yang Anda temui bisa jadi penyemangat dan inspirasi juga supaya Anda tidak bosan dan menyerah untuk terus melakukan pengembangan diri. Mengikuti workshop atau seminar juga bisa jadi awal Anda untuk berkontribusi nyata dalam komunitas atau bidang yang Anda sukai.

6. Hubungan yang berkualitasOrang-orang terdekat akan jadi elemen penting yang juga memengaruhi pengembangan diri bahkan pola pikir Anda. Dukungan teman, keluarga, dan orang-orang yang Anda sayangi yang akan meningkatkan kemauan Anda untuk melakukan pengembangan diri. Memiliki hubungan dengan orang-orang yang bisa menghargai kehidupan dan mengapresiasi diri Anda akan membuat perspektif Anda lebih terbuka juga. (*)

Bitnami